Rayakan Dies Natalis ke-26, FTP UB Resmikan Corporate Laboratory Pertama dan Satu Satunya di UB

Kamis, 25 Januari 2024

Malangpariwara.com
Menandai ulang tahunnya yang ke-26, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya meresmikan berbagai unit dan laboratorium baru serta menambah sebuah Center of Excelence (CoE) Bioenergi dan Biorefinery, Kamis (25/01/2023).

Laboratorium yang baru diresmikan tersebut adalah Corporate Laboratory yang merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dan PT Pupuk Indonesia dengan fokus pada pengembangan Advanced Fertiliser.

Diinisiasi dari pendanaan Matching-Fund Kedaireka Kemenristek DIKTI tahun 2023, laboratorium ini menghasilkan prototipe pertama pupuk nano fosfat.

Dr. Hendrix Yulis, Ketua Laboratorium menjelaskan “Kami berharap produk ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk, dan mendukung petani kita dengan solusi yang lebih efektif dan ramah lingkungan. Kedepan, FTP-UB dengan PT Pupuk Indonesia terus berkolaborasi untuk membuat inovasi-inovasi di bidang advance fertiliser. Semoga corporate laboratory ini dapat menjadi rumah inovasi bagi peneliti dan industri untuk mendukung perkembangan teknologi pertanian Indonesia, “ paparnya.

Beberapa penunjang yang dipunyai diantaranya adalah Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS), Differential Thermal Gravimetric (DTG), dan Fourier Transform Infrared Spectrophotometer (FTIR) untuk kegiatan karakterisasi dan standarisasi mutu, serta Planetary Ball Mill untuk kegiatan produksi pupuk nano fosfat. Selain keempat peralatan yang berasal dari pendanaan MF Kedaireka 2023 tersebut, Laboratorium ini juga dilengkapi dengan beberapa peralatan penunjang kegiatan pengujian lainnya, diantaranya ialah Ultra High Liquid Chromatography (UHPLC), Particle Size Analyzer (PSA), Gas Chromatography-Mass Spectroscopy (GC-MS), dan lain sebagainya.

Sementara Dekan, Prof. Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life. Sc. Ph.D. menyatakan apresiasinya.
“Terima kasih kepada PT Pupuk Indonesia yang telah membantu FTP UB dengan berbagai fasilitas alat kebutuhan laboratorium. Melalui laboratorium ini diharapkan dapat memfasilitasi berbagai kegiatan penelitian, riset dan pengujian yang dapat diakses oleh pihak internal maupun eksternal perguruan tinggi. Harapan kami kedepan diharapkan laboratorium ini dapat semakin maju dan berkembang sehingga dapat menghasilkan ragam inovasi yang dapat mendukung kemajuan khususnya dalam bidang Teknologi Pertanian di Indonesia,” pungkasnya.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *