BI Siapkan 11,4 M Uang Pecahan Baru, Penukar Uang Mengular Ngantri Mulai Subuh di Gedung Kartini

Mengular rela antri berjam jam di bawah terik matahari untuk menukarkan uang pecahan baru .(Djoko W)

Kamis, 28 Maret 2024

Malangpariwara.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang membuka layanan penukaran uang pecahan Baru yang berlokasi di Gedung Kartini Kota Malang, Kamis (28/3/2024).

Antusiasme masyarakat terlihat dari antrean panjang di area gedung tersebut, bahkan beberapa warga mengaku rela mengantre sejak subuh di lokasi penukaran uang ini.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang bersama perbankan jelang Lebaran 2024 dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Aman tukar uang pakai transaksi digital QRIS.(Djoko W)

Salah satu warga Kedungkandang, Kota Malang, Nurul (32) mengaku sudah mengantri sejak jam 4 subuh. Dia baru bisa menukarkan uang pecahan senilai Rp 3,8 juta sekitar pukul 09.00 WIB.

“Saya tahu informasi ini dari Instagram, tahun kemarin menukarnya juga disini, jadi memang sudah tahu harus berangkat pagi, saya tukar ada pecahan Rp 2 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, buat ponakan-ponakan,” kata Nurul.

Kepala KPw BI Malang, Febrina (Djoko W)

Kepala KPw BI Malang, Febrina mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak layanan penukaran uang pecahan dari rangkaian kegiatan BI Malang kepada masyarakat dengan menggandeng 8 bank umum.

Kuota yang diberikan sebanyak 3.000 penukar. Hingga pukul 09.00 WIB, diperkirakan kegiatan tersebut sudah melayani sekitar 2.000 penukar.

“Layanan penukaran uang yang disediakan disini menggunakan metode scan/tap KTP, dimana 1 KTP hanya dapat melakukan 1 kali penukaran. Dengan cara ini diharapkan manfaat layanan penukaran ini dapat dirasakan lebih merata kepada lebih banyak masyarakat penukar,” kata Febrina, Kamis (28/3/2024).

Setiap penukar mendapatkan kuota 1 paket penukaran maksimal senilai Rp3,8 juta, mulai dari pecahan Rp 20 ribu sampai dengan Rp 1 ribu masing-masing 1 pak/ bendel.

Selain dapat menukarkan secara cash to cash, beberapa perbankan juga menyiapkan layanan penukaran secara non tunai melalui scan QRIS.

“Kami telah menyiapkan modal layanan terpadu ini sejumlah Rp11,4 miliar,” katanya.

Selain itu, penukar juga dapat mengikuti Experience QRIS dengan berdonasi/ bersedekah senilai Rp2.024 dan mendapatkan minyak goreng satu liter.

“Selain penukaran di Gedung Kartini, kami bersama perbankan juga membuka layanan penukaran melalui layanan mobil kas keliling dan penukaran melalui loket perbankan yang tersebar di 7 kota/kabupaten di wilayah kerja KPw BI Malang,” katanya.

Pembukaan Serambi BI penukaran uang pecahan baru .(Djoko W)

Selain itu, dikatakannya, untuk realisasi penukaran uang pecahan di wilayah kerja BI Malang mencapai Rp 1,9 triliun dari jumlah yang disiapkan Rp 4,69 triliun. Dia optimis, realisasi yang ada terus meningkat jelang Lebaran 2024.

“Mungkin setelah THR-an nambah banyak perputarannya. Nanti setelah itu minggu depan harapan kami bisa terealisasi lebih dari itu. Kami juga ada reserve untuk antisipasi apabila masyarakat membutuhkan,” tandasnya mengakhiri.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *